BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Aspek Pemasaran
2.1. Gambaran Umum Pasar
1. Jenis
produk yang dipasarkan adalah berupa pulsa elektrik, pulsa voucher,
cassing hp, chargeran hp, baterai hp, aksesoris hp, dll.
2. Wilayah Pemasaran mencakup daerah Depok dan sekitarnya
2.2. Permintaan
Permintaan
masyarakat yang begitu beragam, menjadikan perusahaan menambahkan stock
barang-barang yang di butuhkan untuk memenuhi permintaan masyarakat.
2.2.1 Jumlah Permintaan Terhadap Produk
a. Sasaran Pembeli (konsumen) yaitu semua orang yang membutuhkan tentang keperluan tentang handphone.
b. Jumlah konsumen, jumlah konsumen di ukur dari banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya.
c. Jumlah kebutuhan, jumlah kebutuhan terpenuhi setiap harinya.
d. Total Kebutuhan per-tahun, berubah-ubah tergantung permintaan masyarakat.
2.3 STRATEGIS BISNIS
Strategi Pemasaran Pesaing
Uraikan strategi Pemasaran yang dilakukan pesaing Anda, meliputi :
a. Produk (mutu, ukuran, kemasan, dll).
Produk yang ditawarkan cukup banyak, tetapi harga yang diberikan agak
mahal. Barang-barang yang disediakan juga modelnya sudah tidak mode on.
b. Harga (harga satuan, syarat pembayaran, potongan, dll). Harga yang ditawarkan agak mahal, sistem pembayarannya juga tidak efisien.
c. Jalur
Penjualan. Jalur penjualannya hanya meliputi daerah-daerah tertentu,
tidak di pinggir jalan. Sehingga menyulitkan konsumen untuk mengetahui
adanya counter pulsa.
d. Promosi. Promosi yang disebarkan hanya dari orang ke orang.
2.4 Strategi Pemasaran Perusahaan
Uraikan strategi Pemasaran yang akan Anda lakukan
a. Produk (mutu, ukuran, kemasan, dll).
Produk yang perusahaan tawarkan cukup banyak, dan harga yang diberikan
lebih murah. Barang-barang yang disediakan banyak macamnya dan yang
sedang di cari oleh para konsumen.
b. Harga (harga satuan, syarat pembayaran, potongan, dll). Harga yang di tawarkan lebih murah. Dan sistem pembayarannya efisien.
c. Jalur
Penjualan. Jalur penjualannya sangat strategis, yang terletak di
pinggir jalan. Yang memudahkan konsumen untuk menjangkaunya.
d. Promosi. Promosi yang dilakukan cukup banyak, yaitu dengan menyebarkan brosur-brosur dan dari orang ke orang.
2.5. Penetapan Harga Jual
1. Kebutuhan modal awal:
o HP untuk menjual pulsa : Rp 300.000
o Promosi : spanduk, pamflet, kartu nama: Rp 100.000
o Total : Rp 400.000
o HP untuk menjual pulsa : Rp 300.000
o Promosi : spanduk, pamflet, kartu nama: Rp 100.000
o Total : Rp 400.000
2. Ongkos rutin bulanan:
o Pulsa untuk mengirimkan pulsa = Rp 25.000
o Total : Rp 25.000
o Pulsa untuk mengirimkan pulsa = Rp 25.000
o Total : Rp 25.000
3. Estimasi pemasukan:
Setiap hari diperkirakan bisa menjual 10 pulsa per hari.
Berarti penjualan per bulan adalah 10x30 buah pulsa , totalnya = 300 pulsa per bulan.
Laba kotor:
Laba per pulsa = Rp 2000
Laba kotor per bulan = Rp 2000 x 300 pulsa = Rp 600.000
Setiap hari diperkirakan bisa menjual 10 pulsa per hari.
Berarti penjualan per bulan adalah 10x30 buah pulsa , totalnya = 300 pulsa per bulan.
Laba kotor:
Laba per pulsa = Rp 2000
Laba kotor per bulan = Rp 2000 x 300 pulsa = Rp 600.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar