BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Dipostkan oleh : Bakti
LANDASAN TEORI
Judul : Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Mobile Marketing Oleh Provider IM3
2.1 Pengertian Pemasaran (teori dasar)
Pengertian pemasaran menurut Stanton, William (1997) adalah
suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan, baik kepada
pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Pengertian tersebut dapat
memberikan gambaran bahwa pemasaran sebagai suatu sistem dari
kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang/jasa
kepada pembeli secara individual maupun kelompok pembeli.
Kegiatan-kegiatan tersebut beroperasi dalam suatu lingkungan yang
dibatasi sumber-sumber dari perusahaan itu sendiri, peraturan-peraturan,
maupun konsekuensi sosial perusahaan.
2.2 Kajian Penelitian Sejenis
v Kajian sejenis menurut Anisa (2007)
Penulis
melakukan penelitian dengan mencari perbandingan persepsi konsumen pada
minimarket indomaret dengan alfamart di pondok gede kota Bekasi.
Penulisan ilmiah ini dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan dan
seberapa besar tingkat persepsi konsumen pada indomaret dan alfamart di
pondok gede kota Bekasi.
2.3 Analisis
Analisis
yang digunakan yaitu Deskriptif karena untuk mempelajari cara
pengumpulan, penyusunan, dan penyajian data dalam suatu penelitian data.
Dengan cara menganalisis masyarakat para pengguna provider IM3 sebanyak
50 responden.
Judul : Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Mobile Marketing Oleh Provider AXIS
2.1 Pengertian Pemasaran (teori dasar)
Pemasaran
adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis ( profit atau
nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa,
nenetapkan harga, mendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. (Budiarto,1993)
Sedangkan di sisi lain menurut (Kotler,2005),
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat
individu dan kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan serta keinginan
lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan
orang lain.
2.2 Kajian Penelitian Sejenis
v Kajian sejenis menurut Erlando (2008)
Penelitian
oleh Erlando terhadap akan pentingnya suatu pengaruh iklan kartu
seluler antar operator kartu seluler terhadap perilaku keputusan
pengguna kartu seluler oleh konsumen, dengan menggunakan media
elektronik dan iklan.
2.3 Analisis
Analisis
yang digunakan yaitu Deskriptif karena untuk mempelajari cara
pengumpulan, penyusunan, dan penyajian data dalam suatu penelitian data.
Dengan cara menganalisis masyarakat para pengguna provider AXIS
sebanyak 30 responden.
Judul : Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Mobile Marketing Oleh Provider XL
2.1 Pengertian Pemasaran (teori dasar)
Menurut Stanton yang dikutip dalam buku Dharmesta dan Irawan (2005) mengemukakan
pemasaran adalah Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis
yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada
pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Kemudian
Bauran pemasaran (Marketing Mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang
digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya
dipasar sasaran. (Kotler,2005)
2.2 Kajian Penelitian Sejenis
v Kajian sejenis menurut Ridho (2008)
Penulis
melakukan penelitian akan pentingnya pengaruh persepsi dan sikap
konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Dalam
penulisan ini penulis mencari persepsi dan sikap konsumen terhadap
sepeda motor Honda dengan memberikan pertanyaan untuk mengetahui
seberapa puas para konsumen menggunakan sepeda motor Honda.
2.3 Analisis
Analisis
yang digunakan yaitu Deskriptif karena untuk mempelajari cara
pengumpulan, penyusunan, dan penyajian data dalam suatu penelitian data.
Dengan cara menganalisis masyarakat para pengguna provider XL sebanyak
60 responden.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar