Selasa, 06 November 2012

Segmentasi dan kepuasan konsumen

    Segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri.
Maksud dan tujuan segmentasi pasar ialah pasar lebih mudah dibedakan; pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik; strategi pemasaran menjadi lebih mengarah. Tahapan perusahaan dalam mengalihkan pemasaran massal dan pemasaran produk deferensiasi menuju ke pemasaran sasaran sebagai berikut:
Pemasaran massal yakni ditandai dengan memproduksi, mendistribusikan serta mempromosikan secara massal kepada semua konsumen.
Pemasaran produk yang terdiferensiasi. Dalam hal ini perusahaan mencoba untuk mengidentifikasi kelompok kelompok pembeli tertentu dengan cara membagi pasar dalam dua kelompok segmen atau lebih dan untuk masing-masing segmen ditawarkan jenis produk yang berbeda dengan kelompok lain.
Pemasaran sasaran. Dalam hal ini perusahaan hanya memusatkan usaha pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok segmen pasar tertentu saja. Strategi ini ditempuh dengan mengembangkan produk dan pembedanya serta melakukan bauran produk, harga, distribusi dan promosinya untuk kelompok tertentu saja.
Tahapan sistimatis dalam melakukan pemasaran sasaran adalah sebagai berikut segmentasi pasar, yakni tindakan membagi sebuah pasar kedalam kelompok- kelompok konsumen yang berbeda yang diperkirakan membutuhkan produk; pentargetan pasar, yaitu tindakan mengevaluasi dan menyeleksi satu atau beberapa segmen yang akan dipilih; dan penempatan pasar yakni tindakan menciptakan suatu penempatan produk yang kompetitif diantara produk saingannya.
Berikut adalah beberapa kriteria dalam membagi segmentasi pasar:
1. Secara Geografis: terdiri dari wilayah, daerah kepadatan penduduk, dan iklim.
2. Secara Demografi: meliputi umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, tipe keluarga, siklus keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras kebangsaan. Dan yang terakhir psikografis, meliputi kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Sering kali istilah segmentasi pasar dan penentuan target pasar membingungkan banyak pihak. Sepintas keduanya sama namun perbedaan yang mendasar adalah bahwa segmentasi pasar membagi konsumen yang bermacam-macam/heterogen ke dalam kelompok -kelompok yang mempunyai karakteristik sama.
Sedangkan pasar target adalah memilih kelompok konsumen mana yang akan dilayani. Terdapat tiga faktor dalam menentukan pasar sasaran, yaitu ukuran segmen, pertumbuhan segmen, dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai segmen.
Posisi pasar yaitu menentukan posisi produk tersebut pada benak kansumen. Dalam istilah marketing yang umum digunakan adalah positioning. Banyak difinisi positioning diberikan oleh pakar marketing dengan versi dan model mereka masing-masing. Salah satunya adalah Philip Kotler, yang menyatakan bahwa positioning adalah segala upaya untuk mendesain produk dan merek kita agar dapat menempati sebuah posisi yang unik dibenak pelanggan.
Hasil akhir positioning adalah terciptanya proposisi nilai yang pas, yang menjadi alasan bagi pelanggan untuk
membeli. Dengan kata lain bahwa positioning adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasarannya agar tercipta kesan tertentu pada ingatan atau benak konsumen.
   sekmen pasar adalah sasaran pemasaran sebuah produk atau jasa yang di produksi atau dihasilkan oleh produsen atau tenaga ahli, dalam kaitannya dengan penetapan strategi pemasaran harus jelas produk atau jasa yang akan di pasarkan sehingga dalam penentuan segmen atau sasaran pemasaran akan lebih mudah dan terarah, karena penetapan strategi memerlukan sasaran yang jelas dalam penentuannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar