Segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam
satuan-satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli
yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan
marketing mix tersendiri.
Maksud dan tujuan segmentasi pasar ialah pasar lebih mudah dibedakan;
pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik; strategi pemasaran menjadi
lebih mengarah. Tahapan perusahaan dalam mengalihkan pemasaran massal
dan pemasaran produk deferensiasi menuju ke pemasaran sasaran sebagai
berikut:
Pemasaran massal yakni ditandai dengan memproduksi, mendistribusikan serta mempromosikan secara massal kepada semua konsumen.
Pemasaran produk yang terdiferensiasi.
Dalam hal ini perusahaan mencoba untuk mengidentifikasi kelompok
kelompok pembeli tertentu dengan cara membagi pasar dalam dua kelompok
segmen atau lebih dan untuk masing-masing segmen ditawarkan jenis produk
yang berbeda dengan kelompok lain.
Pemasaran sasaran. Dalam hal ini perusahaan hanya memusatkan usaha
pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok segmen pasar tertentu
saja. Strategi ini ditempuh dengan mengembangkan produk dan pembedanya
serta melakukan bauran produk, harga, distribusi dan promosinya untuk
kelompok tertentu saja.
Tahapan sistimatis dalam melakukan pemasaran sasaran adalah sebagai
berikut segmentasi pasar, yakni tindakan membagi sebuah pasar kedalam
kelompok- kelompok konsumen yang berbeda yang diperkirakan membutuhkan
produk; pentargetan pasar, yaitu tindakan mengevaluasi dan menyeleksi
satu atau beberapa segmen yang akan dipilih; dan penempatan pasar yakni
tindakan menciptakan suatu penempatan produk yang kompetitif diantara
produk saingannya.
Berikut adalah beberapa kriteria dalam membagi segmentasi pasar:
1. Secara Geografis: terdiri dari wilayah, daerah kepadatan penduduk, dan iklim.
2. Secara Demografi: meliputi
umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, tipe keluarga, siklus keluarga,
pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras kebangsaan. Dan yang
terakhir psikografis, meliputi kelas sosial, gaya hidup, dan
kepribadian.
Sering kali istilah segmentasi pasar dan penentuan target pasar
membingungkan banyak pihak. Sepintas keduanya sama namun perbedaan yang
mendasar adalah bahwa segmentasi pasar membagi konsumen yang
bermacam-macam/heterogen ke dalam kelompok -kelompok yang mempunyai
karakteristik sama.
Sedangkan pasar target adalah memilih kelompok konsumen mana yang akan
dilayani. Terdapat tiga faktor dalam menentukan pasar sasaran, yaitu
ukuran segmen, pertumbuhan segmen, dan biaya yang harus dikeluarkan
untuk mencapai segmen.
Posisi pasar yaitu menentukan posisi produk tersebut pada benak
kansumen. Dalam istilah marketing yang umum digunakan adalah
positioning. Banyak difinisi positioning diberikan oleh pakar marketing
dengan versi dan model mereka masing-masing. Salah satunya adalah Philip
Kotler, yang menyatakan bahwa positioning adalah segala upaya untuk
mendesain produk dan merek kita agar dapat menempati sebuah posisi yang
unik dibenak pelanggan.
Hasil akhir positioning adalah terciptanya proposisi nilai yang pas, yang menjadi alasan bagi pelanggan untuk
membeli. Dengan kata lain bahwa positioning adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasarannya agar tercipta kesan tertentu pada ingatan atau benak konsumen.
membeli. Dengan kata lain bahwa positioning adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasarannya agar tercipta kesan tertentu pada ingatan atau benak konsumen.
sekmen pasar adalah sasaran pemasaran sebuah produk atau jasa yang di
produksi atau dihasilkan oleh produsen atau tenaga ahli, dalam kaitannya
dengan penetapan strategi pemasaran harus jelas produk atau jasa yang
akan di pasarkan sehingga dalam penentuan segmen atau sasaran pemasaran
akan lebih mudah dan terarah, karena penetapan strategi memerlukan
sasaran yang jelas dalam penentuannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar