Tanggung Jawab Social Perusahaan
Komitmen
Goodyear terhadap masyarakat merupakan bagian yang sangat penting dari
inisiatif perusahaan. Tujuan perusahaan adalah untuk mendukung masyarakat yang
sehat, dengan kinerja tinggi terutama yang berada di daerah sekitar dan kantor
Goodyear. Tujuan kami selanjutnya adalah agar perusahaan dapat berperan aktif
dalam menjalankan dan melaksanakan usaha melalui tanggung jawab sosial
perusahaan serta peningkatan kesejahteraan di manapun kami beroperasi.
Sebagai
sebuah warganegara korporat, Goodyear turut berpartisipasi di dalam berbagai
macam organisasi yang memberikan kesempatan dalam pertumbuhan sipil, ekonomi
dan pendidikan yang maju, serta kesehatan sosial dan fisik. Partisipasi ini
memberikan berbagai macam bentuk inisiatif yang bersifat seperti peningkatan
kesejahteraan seperti hibah, kegiatan sponsor, sumbangan, dan aktifitas
kemanusiaan.
Secara
individual, karyawan-karyawan Goodyear memiliki peran yang sangat penting dalam
berbagai macam organisasi sipil, pendidikan, pemerintah dan komunitas
masyarakat. Usaha-usaha kemanusiaan pun dilaksanakan untuk dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat yang terus meningkat di sekitar wilayah dimana kami
beroperasi di seluruh dunia.
Kegiatan Goodyear Indonesia
- Meluncurkan workshop Women with Drive, untuk mengkampanyekan berkendara secara aman bagi wanita (sejak tahun 2007)
- Meluncurkan program Highway Heroes untuk memberikan penghargaan kepada para supir yang menunjukkan jiwa kepahlawanan (sejak tahun 2008).
Inovasi dan Tonggak Sejarah
PT Goodyear Indonesia adalah
perusahaan pembuat ban mobil yang pertama dan tertua di Indonesia yang
didirikan pada tahun 1935 diatas lahan seluas 172.000 m2 yang hijau dan asri di
kota Bogor.
GDYR adalah salah satu dari
perusahaan pertama yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 1980.
GDYR Indonesia senantiasa
menunjukkan kepemimpinan di industri ban nasional, dengan meraih penghargaan:
·
* Sertifikasi ISO 9002 (1994),
sertifikasi ISO 14001, dan pada tahun 2006 meraih ISO/TS 16949:2002.
·
* Penghargaan tertinggi Kalpaltaru untuk
kategori pembina lingkungan.
·
* Meraih status Superbrand pada tahun
2003, yang merupakan satu-satunya perusahaan ban yang meraih penghargaan ini.
·
* Dua penghargaan dari Toyota, yaitu
Quality Target And Delivery dan Zero Defect achievement (2004)
Sejak tahun 1935, Goodyear menjadi pelopor bagi
perkembangan industri ban di Indonesia, dan memberikan dukungan teknis dalam
pembentukan P.T. (Persero) Intirub (Indonesia Tire & Rubber Company).
Selain itu juga berkontribusi pada teknologi dengan membentuk industri kawat
ban bagi P.T. IndoCordsa Tbk (d/h P.T. Branta Mulia Tbk)
Goodyear memberikan kontribusi besar dalam
pendapatan pajak negara, dimana selama 10 tahun terakhir PT Goodyear Indonesia
telah memberikan kontribusi pajak hingga lebih dari 28 juta dolar Amerika.
Sejak tahun 1985 Goodyear Indonesia telah
mendonasikan lebih dari 1 juta dolar dalam program pengembangan masyarakat dan
bantuan untuk berbagai bencana alam di Indonesia.
Program CSR yang belum lama dilaksanakan
meliputi: Bantuan 1000 zak semen untuk korban gempa di Bantul, 2006, bantuan
dana Rp144.600.000 juta untuk korban gempa Sumatra tahun 2009, Program Peduli
Banjir 2007 untuk membantu korban bencana bajir, Bazaar murah Ramadhan dan
subangan ke Rumah Yatim Piatu.
Goodyear Indonesia saat ini
Goodyear Indonesia memproduksi
rangkaian produk ban berkualitas tinggi untuk pangsa pasar domestik dan ekspor:
·
* Produk berkualitas yang diproduksi di
Bogor telah di ekspor ke 52 negara
·
* Memasok original equipment ke berbagai
perusahaan otomotif terkemuka seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Mercedez – Benz.
·
* Penghargaan yang telah diraih antara
lain Toyota‘s Quality Target and Zero Defect (2009)
Goodyear Indonesia adalah salah
satu pabrik yang paling kompetitif diantara pabrik-pabrik Goodyear diseluruh
dunia.
·
* Salah satu pabrik dengan fasilitas
terbesar yang memproduksi cross-ply/bias ban secara global.
·
* Memproduksi produk ban spesifik untuk
Off-The-Road dan kendaraan pertanian.
Goodyear Indonesia saat ini
memiliki 1.166 tenaga kerja muda (70% berusia kurang dari 35 tahun)
Inovasi dalam Segala Bidang
Produk – produk
Dalam dua tahun terakhir,
meluncurkan 7 produk terbaru yang belum pernah diluncurkan sebelumnya, yaitu:
·
* Assurance Fuel Max (2010)
·
* Kelly ASEAN (2009)
·
* DuraPlus (2009)
·
* Eagle F1 Asymmetric (2008)
·
* Assurance Armor Grip (2008)
·
* Excellence (2008)
·
* Wrangler AT/SA (2008)
·
* Wrangler HP AW (2007)
Retail
Memperkenalkan konsep retail
terbaru di industri Autocare dengan membuka 29 gerai pada tahun 2009.
Tonggak Sejarah
Selama lebih dari 100 tahun,
Goodyear selalu menjadi yang terdepan dalam teknologi dan inovasi ban, mulai
dari penemuan vulkanisir oleh Charles Goodyear pada tahun 1839 hingga penemuan
teknologi Bubble Blade pada tahun 2004. Dengan adanya kemajuan dalam riset dan
percobaan di dalam pabrik, Goodyear selalu menerjang batas untuk tetap
berinovasi dan memproduksi ban yang memberikan kemajuan bagi sebuah industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar