Rabu, 30 Oktober 2013

tugas softskill



KEADILAN BERBISNIS
SEMINAR PENULISAN ILMIAH


Nama                             : Ilham Firmansyah
Kelas                           : 4EA17
NPM                    : 13210430
Jenjang / Jurusan  : S1 / Manajemen




 ABSTRAK



Meningkatnya pelaku bisnis di Indonesia terkadang tidak diimbangi oleh etika berbisnis yang baik, agar konsumen merasa nyaman saat membeli. Terkadang masih banyak pedagang yang acuh pada etika-etika bisnis, misalnya keadaan warung makan yang jorok, ini akan membuat konsumen tidak nyaman saat makan. Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk melakukan penulisan mengenai etika bisnis , maka di dalam penulisan  ini penulis akan memberi judul ETIKA BISNIS  DALAM HAL PELAYANAN PADA TEMPAT MAKAN ICE CREAM GORENG ”. Tujuan dari penulisan ini adalah Untuk mengetahui bagaimana etika berbisnis yang baik dalam hal pelayanan yang harus dilakukan oleh tempat makan Ice cream goreng. Kesimpulannya adalah bahwa banyak sekali yang harus diperhatikan dalam hal melayani konsumen yang baik. Intinya sopan dalam segala hal dan jujur dalam melayani sehingga informasi yang disampaikan oleh pelayan tempat makan Ice cream goreng dapat diterima dengan jelas oleh pembeli atau konsumen dan sebaiknya tempat makan Ice cream goreng dapat memahami dan melaksanakan poin-poin tersebut, agar konsumen bisa merasa nyaman dan ingin kembali lagi untuk membeli.



PENDAHULUAN

Latar Belakang
Saat ini perkembangan bisnis di Indonesia mulai maju, banyak masyarakat sekarang yang tidak menginginkan lagi menjadi karyawan swasta, mereka umumnya mengeluh pada gaji yang tidak setimpal dengan jam kerjanya. Hal ini mengakibatkan banyak pelaku bisnis dadakan yang mencari peruntungan untuk mengembangkan sayapnya di dunia bisnis. Mulai dari menjual baju bola sampai ke penjual makanan banyak kita jumpai di jalan-jalan.
Namun dengan meningkatnya pelaku bisnis di Indonesia terkadang tidak diimbangi oleh etika berbisnis yang baik, agar konsumen merasa nyaman saat membeli. Terkadang masih banyak pedagang yang acuh pada etika-etika bisnis, misalnya keadaan warung makan yang jorok, ini akan membuat konsumen tidak nyaman saat makan.
Etika merupakan dasar pelayanan yang sangat penting sekali dalam melaksanakan tugas-tugas oleh karena itu karyawan dituntut agar lebih teliti dalam memberikan pelayanan terhadap tamu akan dapat memberikan suatu citra yang baik bagi restoran, jadi karyawan harus memberikan pelayanan yang baik agar setiap tamu yang datang ke restoran merasa senang dan nyaman selama tinggal di hotel itu
Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk melakukan penulisan mengenai etika bisnis , maka di dalam penulisan  ini penulis akan memberi judul ETIKA BISNIS  DALAM HAL PELAYANAN PADA TEMPAT MAKAN ICE CREAM GORENG

Rumusan dan Batasan Masalah
Rumusan Masalah 
Penulis merumuskan rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut :
Bagaimana etika berbisnis dalam hal pelayanan yang baik yang harus dilakukan oleh tempat makan ICE CREAM GORENG ?
Batasan Masalah
Penulis membatasi pembahasan masalah pada penulisan ini adalah :
Pada pelayanan yang diberikan oleh para pelayan tempat makan ICE CREAM GORENG dan Pada objek yaitu ICE CREAM GORENG yang terletak di daerah Jl. Baru KH Agus Salim no.05 Bekasi Timur
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulisan ini adalah :
Untuk mengetahui bagaimana etika berbisnis yang baik dalam hal pelayanan yang harus dilakukan oleh tempat makan ICE CREAM GORENG


Manfaat Penelitian

Manfaat Akademis
Memberikan manfaat bagi penulis untuk mengetahui bagaimana cara etika berbisnis yang baik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Praktis
Memberikan manfaat bagi pembaca sebagai referensi informasi yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai etika berbisnis yang baik dan dapat diaplikasikan ke dunia bisnis.



Metode Penelitian

Data
Data primer adalah suatu pengumpulan data informasi langsung dari sumber penelitian, sedangkan data sekunder adalah suatu pengumpulan data informasi tidak langsung pada sumbernya, melainkan melalui media untuk mencari data yang relevan dengan pembahasan.






Alat analisis yang digunakan
        Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan alat analisis kualitatif yaitu suatu metode analisis penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan serta informasi dari objek yang diamati.



LANDASAN TEORI

Pengertian Etika
Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

Etika Bisnis
Etika bisnis  merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
      Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional.


Tiga pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, yaitu :


Utilitarian Approach :

setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh karena itu, dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.

Individual Rights Approach :

setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati. Namun tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari apabila diperkirakan akan menyebabkan
terjadi benturan dengan hak orang lain.


Justice Approach :


para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.
      Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis (Velasquez, 2005).
Dalam menciptakan etika bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain adalah:
1.      Pengendalian diri
2.      Pengembangan tanggung jawab social (social responsibility)
3.      Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi
4.      Menciptakan persaingan yang sehat
5.      Menerapkan konsep “pembangunan berkelanjutan”
6.      Menghindari sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi, dan Komisi)
7.      Mampu menyatakan yang benar itu benar
8.      Menumbuhkan sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dan golongan pengusaha ke bawah
9.      Konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telah disepakati bersama
10.  Menumbuhkembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah disepakati
11.  Perlu adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hokum positif yang berupa peraturan perundang-undangan


METODE PENELITIAN

Metode Yang Digunakan

Penulis menggunakan metode sekunder,
Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan. Dan dengan menggunakan alat analisis kualitatif yaitu suatu metode analisis penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan serta informasi dari objek yang diamati.










PEMBAHASAN

Bagaimana Etika Berbisnis dalam hal melayani yang baik
Ada pun etika berbisnis yang baik adalah :

ETIKA BERPAKAIAN

      Pakaian dan tata rambut (atau kerudung) selalu rapi dan sesuaikan dengan aturan pakaian busana tempat makan.
      Selalu bersepatu diruang kerja
      Selalu mengenakan kartu identitas pegawai di dada (disemartkan /digantung dengan rapi).


ETIKA MELAYANI

      Menyapa tamu yang datang  (Misalnya”selamat pagi/siang/sore!”. Apa yang dapat kami bantu Pak/Ibu?)
      Selalu menjaga sopan santun dan perilaku, ramah,tanggap, cermat dan cepat serta tidak mempersulit pelayanan.
      Memberikan pandangan dan perhatian yang sopan kepada tamu yang dihadapi dan tidak memandang kearah lain.
      Selalu bersikap ramah, dengan menerapkan 3 S (Senyum, Sapa dan Salam).
      Dengarkan baik-baik apa yang dinginkan kan oleh calon pembeli. Jangan melakukan aktivitas lain saat mendengarkan
      Hindarilah mengobrol atau bercanda berlebihan dengan sesama karyawan, atau calon pembeli yang dilayani.
      Jika memungkinkan, jabatlah tangan pembeli setiap selesai melayani dan selalu ucapkan terimakasih pada saat pembeli akan meninggalkan tempat.
      Apabila ada panggilan penting dan terpaksa harus meninggalkan pembeli, petugas memohon maaf kepada pembeli dan agar digantikan oleh petugas lain.
      Karyawan agar memberikan Informasi/penjelasan secara lengkap sehingga calon pembeli dapat mengerti dengan baik
      Selalu bersikan tempat makan sebelum tempat itu di tempati oleh pembeli, agar bersih, dan pembeli pun bisa merasa nyaman

Dari hal yang disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali yang harus diperhatikan dalam hal melayani konsumen yang baik. Intinya sopan dalam segala hal dan jujur dalam melayani sehingga informasi yang disampaikan oleh pelayan tempat makan DONS BURGER dapat diterima dengan jelas oleh pembeli atau konsumen dan sebaiknya tempat makan DONS BURGER dapat memahami dan melaksanakan poin-poin tersebut, agar konsumen bisa merasa nyaman dan ingin kembali lagi untuk membeli.



PENUTUP

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali yang harus diperhatikan dalam hal melayani konsumen yang baik. Intinya sopan dalam segala hal dan jujur dalam melayani sehingga informasi yang disampaikan oleh pelayan tempat makan DONS BURGER dapat diterima dengan jelas oleh pembeli atau konsumen dan sebaiknya tempat makan DONS BURGER dapat memahami dan melaksanakan poin-poin tersebut, agar konsumen bisa merasa nyaman dan ingin kembali lagi untuk membeli.








Saran

Penulis memberikan saran kepada tempat makan DONS BURGER untuk selalu disiplin dalam melayani dan sopan serta jujur dalam menghadapi konsumen, dengan itu pasti banyak konsumen yang betah dan ingin kembali lagi membeli karena pelayanannya yang baik, yang bisa membuat nyaman pembeli.

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar