NAMA : ILHAM FIRMANSYAH
NPM : 13210430
KELAS : 3EA17
Tema : "ANALISIS PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP PENGAMBILANKEPUTUSAN
MEMBELI AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA PADA MASYARAKAT KOTA
PALEMBANG"
• Penyusun : M. NASIR IBRAHIM
• Tahun Pembuatan : Juni, 2007
• Latar Belakang
Salah satu industri yang mampu berkembang adalah PT AQUA Golden
Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Tirto Utomo, sebagai produsen
pelopor air minum dalam kemasan di indonesia. Pabrik pertama didirikan di
Bekasi.
Pada saat perusahaan Go Public pada tanggal 1 Maret 1990 maka nama
PT Golden Mississippi dirubah menjadi PT Aqua Golden Mississippi. Pada
tahun 1998, Aqua melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan group
DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam
kemasan terbesar di dunia. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas
produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di
bawah bendera DANONE-AQUA, kini Aqua memiliki lebih dari sejuta titik
distribusi yang dapat diakses oleh penggunanya di seluruh Indonesia.
• Masalah dan Tujuan :
Berdasarkan latar belakang di atas maka jurnal ini akan mengkaji
permasalahan sebagai berikut
1. Seberapa besar pengaruh media iklan terhadap pengambilan keputusan
membeli air minum dalam kemasan Aqua?
2. Program periklanan yang mana yang dominan mempengaruhi keputusan
konsumen membeli air minum dalam kemasan Aqua
• Tujuan :
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah :
1. Untuk mengetahui besarnya pengaruh media iklan terhadap keputusan
membeli pada konsumen air minum dalam kemasan merek Aqua.
2. Untuk mengetahui iklan yang paling tepat dan efektif yang digunakan PT
Aqua Golden Mississippi.
• Manfaat :
Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah :
1. Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam
pemilihan media iklan.
2. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian
serupa dimasa mendatang, serta menambah pengetahuan bagi yang
berkepentingan dalam disiplin ilmu pemasaran
• Metode Penelitian :
Desain Penelitian
Penelitian yang dilakukan merupakan riset conclusive yang bersifat
kausal (Causal research), yakni mempelajari hubungan sebab akibat antara
variabel independen terhadap variabel dependen. Dengan kata lain, terdapat
hubungan sebab akibat yang dapat diteliti antara variabel faktor-faktor media
iklan dan variabel keputusan pembelian.
Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Palembang yang
mengkonsumsi air minum dalam kemasan merek Aqua sebanyak 126 sampel
yang merupakan bagian dari populasi sebagai responden. Jumlah tersebut
diambil berdasarkan pertimbangan bahwa 126 responden merupakan jumlah
yang cukup mewakili populasi. Responden dalam penelitian ini dipilih
berdasarkan metode pengambilan sampel yang bersifat non-probability
sampling, yakni accidental sampling atau convenience sampling yaitu dengan
memilih sampel dari orang atau unit yang mudah dijumpai atau diakses.
Pada metode ini, setiap anggota populasi tidak memiliki peluang yang
sama untuk terpilih menjadi sampel. Penggunaan metode ini didasarkan pada
pertimbangan waktu yang relatif lebih cepat dan biaya yang lebih murah
dibandingkan dengan sampel probabilistik.
Teknik Analisis
Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
tehnik analisis kualitatif dan kuantitatif.
1. Kualitatif
Teknik analisis secara kualitatif menggambarkan secara deskriptif
tentang kondisi atau fakta yang didapat dari hasil penelitian dan
membandingkan antara teori dan praktek yang terjadi, yang bersumber
dari buku-buku pedoman yang berhubungan dengan masalah yang
dianalisis. Metode ini memberikan penjelasan secara deskriptif
terhadap hasil yang diperoleh dari analisa kuantitatif.
2. Kuantitatif
Analisis dengan menggunakan metode kuantitatif dilakukan dengan
melakukan pengolahan dari kuesioner yang ada dengan menggunakan
analisis regresi berganda dan korelasi untuk mengetahui seberapa erat
hubungan antara variabel Y (variabel keputusan membeli) dengan
variabel X (media iklan). Analisis ini akan dibantu dengan bantuan
program SPSS For Windows Release 11,5. Model analisis regresi
berganda yang digunakan adalah :
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 +b5X5+ b6X6+ e
Keterangan :
Y = Keputusan Membeli
a = Konstanta
b1,b2,b3,b4,b5,b6 = Koefisien regresi
X1 = Iklan Televisi
X2 = Iklan Surat Kabar
X3 = Iklan Majalah
X4 = Iklan Radio
X5 = Iklan Billboard
X6 = Iklan Spanduk
e = Error
• Hasil Penelitian :
Program promosi yang dilakukan oleh PT. Aqua Golden Mississippi
sebagai bentuk proses komunikasi kepada pelanggan mengharapkan
adanya umpan balik (feed back). Umpan balik tersebut berupa kesadaran
konsumen untuk mengambil keputusan dalam melakukan pembelian
terhadap air minum dalam kemasan merek Aqua. Pada penelitian ini telah
dilakukan survey terhadap 126 orang responden sebagai sampel.
• Pembahasan :
Hasil penelitian ini ternyata mendukung penelitian yang telah dilakukan
terdahulu, terutama penelitian yang dilakukan oleh Sjamsuddin (2002 Program
Studi MM Unsri) dengan judul “Pengaruh iklan terhadap minat beli konsumen
produk Pelumas Pertamina di Palembang”. Kesimpulan dari penelitian tersebut
menyatakan bahwa iklan-iklan produk Pelumas Mesran Pertamina secara
bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap minat beli konsumen, sedangkan
pengaruhnya secara parsial menunjukkan variabel iklan televisi mempunyai
angka koefisien regresi 0,574 dengan nilai signifikan (kemaknaan) 0,000 yang
merupakan iklan dominan pengaruhnya terhadap minat beli dibandingkan iklan
radio, iklan koran dan iklan Billboard.
• Kesimpulan :
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan
dapat disimpulkan bahwa:
1. Media iklan melalui iklan Televisi, iklan Surat Kabar, iklan Majalah,
iklan Radio, Papan Reklame dan Spanduk secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum
kemasan merek Aqua. Besarnya pengaruh media iklan tersebut dilihat
dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,525 atau 52,5 %.
Sedangkan sisanya sebesar 47,5 % dipengaruhi faktor lainnya.
2. Secara parsial, terlihat bahwa dari enam variabel bebas yang ada hanya
tiga variabel bebas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan konsumen dalam membeli air minum dalam kemasan merek
Aqua, yaitu media iklan televisi, media iklan majalah, dan media iklan
spanduk.
3. Dari tiga media iklan yang berpengaruh signifikan tersebut, yang paling
dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum
kemasan merek Aqua adalah media iklan televisi, diikuti media iklan
majalah, dan media iklan spanduk.
Sedangkan media iklan surat kabar berpengaruh sangat kecil.
4. Nilai negatif pada koefisien regresi untuk media iklan radio dan papan
reklame disebabkan timbulnya selective attention dan selective
retention konsumen dalam menyikapi iklan-iklan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar