Minggu, 06 Oktober 2013

TUGAS 1


NAMA : ILHAM FIRMANSYAH
KELAS :  4EA17
NPM : 13210430



BAB I
PENDAHULUAN
JUDUL : ETIKA MENULIS YANG BAIK DAN BENAR  DIMEDIA INTERNET

1.1  Latar Belakang Masalah

Dimasa sekarang ini  Internet mungkin sudah tidak asing lagi bagi hampir seluruh masyarakat di dunia. Apalagi seiring perkembangan teknologi, internet sangat berperan penting. Internet dapat menyatukan hal – hal yang mungkin nampak jauh menjadi lebih dekat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya social media yang berkembang pesat seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dsb. Berbagai macam informasi juga bisa di dapat melalui internet. Hal itu bisa didapat karena banyaknya orang yang menulis di internet. Di internet kita bebas untuk mengutarakan opini atau pendapat dengan cara menulis di media yang telah tersedia.  Untuk berkomunikasi di Internet ataupun Social media tentu ada beberapa aturan seperti layaknya kita berkomunikasi sehari-hari. Aturan tersebut bisa dikatakan sebagai etika.

Berbicara mengenai etika, etika adalah sesuatu yang tidak pernah lepas dalam kehidupan kita. Dalam keluarga pun, kita harus mempunyai etika. Dalam lembaga pendidikan, kita juga terikat dengan etika, begitu pula dalam lingkungan sosial masyarakat kita ini, etika juga diperlukan. Etika hukumnya wajib dan sangat diperlukan demi kelangsungan hidup masyarakat ini.

Mengingat pentingnya  cara beretika menulis di media internet harus lebih diperhatikan etika menulis dengan baik dan benar. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk membahas masalah etika menulis di media internet, Dengan Judul Cara ETIKA PENULISAN DIMEDIA INTERNET.



ABSTRAK


Ilham firmansyah, 13210430

BAGAIMANA CARA PENULISAN ETIKA DIMEDIA INTERNET
Kata Kunci :  ETIKA MENULIS DIMEDIA INTERNET

Etika menulis di internet merupakan pendapat atau opini pribadi seseorang mengenai aturan atau sopan santun menulis di dalam dunia maya. Aturan–aturan tersebut harus dapat dipahami oleh setiap individu. Tetapi, masih banyak kita temukan mereka yang menulis tanpa menggunakan aturan atau sopan santun yang semestinya. Mereka abai dan tidak ambil pusing dalam mempublikasikan sesuatu, seperti gambar, video, atau mengirimkan pesan melalui email, tanpa memerhatikan kode etik yang semestinya berlaku.

Padahal, semua orang dapat membaca artikel tersebut. Tentu saja, jika ada artikel yang berisi pesan yang bersifat negatif, dan berdampak merugikan bagi banyak orang, maka secara tidak langsung, pesan tersebut akan mengarahkan para pembaca pada sesuatu yang tidak baik juga. Seperti yang kita ketahui, pola pikir setiap manusia memang berbeda–beda, mengenai batasan-batasan baik ataupun yang buruk terhadap suatu artikel.

  

LANDASAN TEORI

Untuk menjadi penulis yang baik, banyak-banyaklah membaca buku, referensi dan sumber-sumber terpercaya. Seorang penulis yang mumpuni pastilah juga seorang pembaca yang tekun dan gigih. Maksudnya : bagaimana mungkin kita bisa menghasilkan tulisan yang bermutu – dalam bidang bisnis dan manajemen jika kita tidak pernah membaca dan memperlajarinya. Penulis yang baik dituntut untuk terus memproduksi gagasannya yang baru atau ter up date. Jika kita tidak banyak membaca dari mana kita dapat gagasan dan pelajaran yang baik bila kita tidak membaca buku.
PEMBAHASAN

Menulis artikel banyak yang harus diperhatikan,bila kita tidak pandai untuk berimajinasi tinggi dan mempunyai wawasan yang tinggi maka akan sulit untuk mencoba untuk menulis artikel.maka perlu beberapa tata cara yang harus diperhatikan yaitu ;
·         Penggunaan bahasa yang baik
·         Kreatif
·         Judul penulisan
·         Tanda baca dan penulisan kata

Dan yang perlu selalu diingat adalah penulis dituntut agar selalu kreatif dan haru berusaha bisa menciptakan karya sendiri tidak menjiplak karya orang lain.

Kesimpulan

          Dalam menulis artikel banyak yang perlu diperhatikan,membuat artikel tidak bisa sembarang atau asal membuatnya. perlu tata cara untuk menulis artikel agar artikel terlihat menarik dan bagus. selain itu gunakanlah imajinasi anda serta kreativitas anda dalam menulis agar tulisan anda terlihat bagus/menarik dan perbanyaklah membaca, dengan begitu anda dapat menambah wawasan dengan itu anda juga dapat menulis dengan mudah sesuai ketentuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar