NAMA
: ILHAM FIRMANSYAH
NPM
: 13210430
KELAS
: 3EA17
METODE RISET
JURNAL 1
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL
Tema :Kepuasan Konsumen
Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR
KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL
Oleh : Wijaya surya hernanda,2009
A.Latar belakang
Perkembangan industri telekomunikasi
di Indonesia semakin pesat,sehingga membuka pintu sukses bagi perusahaan
operator seluler.Salah satu perusahaan telekomunikasi yang terbesar ketiga di
Indonesia adalah PT. Excelcomindo Pratama yang mengeluarkan kartu seluler yang
bernama XL adalah salah satu provider jasa komunikasi GSM yang ada di
indonesia. Hal utama yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai
kepuasan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis
perlu digunakan dalam melaksanakan analisis dan diagnosis lingkungan bisnis
yang dihadapi oleh perusahaan salah satunya melakukan evaluasi kinerja dari
atribut-atribut yang melekat pada produk kartu XL.
B. Perumusan masalah
Berdasarkan hal-hal yang sudah di
uraikan diatas dapat di ketahui sebuah perusahaan jasa operator seluler harus
tanggap terhadap kondisi yang dialami pelanggan. Hal utama yang harus menjadi
prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas
pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan
analisis
C. Tujuan penelitian
1. untuk menganalisis pengaruh
fasilitas
2. untuk menganalisis persepsi
kualitas
3. untuk menganalisis persepsi harga
4. untuk menganalisi kegunaan dan
manfaat kartu pra bayar XL terhadap kepuasan konsumen yang menggunakannya.
D. Metodologi
Pengambilan sampel dilakukan dengan
metode accidental sampling sebanyak 100 konsumen. Sumber data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan mengajukan
kuesioner kemudian data dianalisis dengan teknik regresi berganda.
E. Hasil penelitian
Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis secara parsial, keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas,
Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan. Pengujian
secara simultan keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga,
Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen
dalam menggunakan kartu seluler pra bayar XL. Diantara keempat variabel yang
dianalisis, faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah
Fasilitas kemudian disusul dengan Persepsi Harga. 43,2 % variasi Kepuasan
Konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen (Fasilitas, Persepsi
Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar